Tips Belanja Online

Apa Kabar Urang Majalengka

Tips Belanja Online

Tips Belanja Online sangat diperluakan bagi anda yang hobby berbelanja via internet, mengingat zaman sekarang sudah mutakhir dan serba online. Kelebihan belanja online ialah untuk menghemat waktu khususnya untuk orang yang tinggal di wilayah kota besar mereka cenderung memilih untuk belanja online demi menghindari kemacetan lalu lintas. Bagi yang sudah terbiasa belanja online tentunya sedikit banyak sudah memiliki pengalaman dalam melakukan transaksi berbeda dengan orng yang belum pernah melakukan transaksi online sama sekali pasti banyak dihantui rasa ketakutan dan curiga akan penipuan, pemerasan dll. Padahal yang namanya penjual sih mempunyai karakter sama saja baik penjual online maupun penjual offline karakter jujur & pembohong atau menipu sama saja selalu ada tergantung dari mental masing-masing penjual hanya saja jika melakukan transaksi offline punya kelebihan tersendiri yaitu adanya face to face antar pihak penjual dan pembeli sebenarnya hal yang sama bisa dilakukan dalam transaksi online jika lokasi penjual dan pembeli letaknya tidak terlalu jauh ... nah kali ini majalengkapress.blogspot.com ingin berbagi tips belanja online agar anda tidak tertipu.

Tips Belanja Online, bisnis online, info bisnis, bisnis bandung
Sejumlah uang ditransfer ke rekening pihak penjual


Tips belanja online ini tentunya tidak menjamin 100% transaksi yang anda lakukan akan benar-benar aman ini hanya sebagai petunjuk saja agar lebih berhati-hati berdasarkan pengalaman pribadi sang penulis. Mudah-mudahan tips belanja online ini bermanfaat sebagai tambahan informasi bagi yang sudah terbiasa belanja online dan pengetahuan baru bagi yang belum pernah berbelanja online. Simak beberapa tips belanja online berikut ini :

1. Pastikan terlebih dahulu informasi produk yang anda dapatkan apakah langsung dari situs pihak penjual atau dari situs iklan gratis karena keduanya tentu berbeda penjual yang sudah memiliki situs sendiri (apalagi situs berbayar) tentu bisa lebih dipercaya.
2. Jika pihak penjual hanya memasang produknya pada situs iklan gratis/berbayar maka pastikan beberapa hal
  • Nomor HP Selalu aktif dan mudah dihubungi (sebagian susah dihubungi karena mempunyai pekerjaan lain) biasanya hal dikarenakan pihak penjual memang tidak berprofesi sebagai pebisnis online, produk yang dijual hanya sebagai penghasilan tambahan dan sudah mempunyai pekerjaan tetap.
  • Mencantumkan Alamat Rumah (tempat tinggal) dan alamat rekening. Pastikan terlebih dahulu bahwa nama aslinya sesuai dengan nama yang tercantum pada alamat rekening.
  • Melampirkan gambar produk asli yang ia photo langsung bukan gambar hasil download dari internet. Hal ini tentunya untuk meyakinkan bahwa yang dijual benar-benar ada bukan mengada ada.
3. Jika Pihak penjual online tersebut sudah memiliki situs pribadi baik yang berbayar ataupun gratisan (diutamakan blog/domain  berbayar) maka langkah pertama adalah dengan memastikan beberapa hal seperti pada point no. 2. Disamping anda juga harus memperhatikan beberapa point penilaian tentang sebuah website seperti dibawah ini :
  • Posisi web minimal 10 besar atau sudah page 1 dalam hasil pencarian (kebanyakan menggunakan google atau yahoo dalam browsing) caranya ketik nama produk atau informasi yang berhubungan dengan produk pada kotak pencarian (google/yahoo) utamakan pilihlah posisi website yang paling atas
  • Utamakan memilih website yang sudah memiliki PR (page rank) yaitu sebuah prestasi yang diberikan oleh google kepada situs/web karena mempunyai backlink (relasi) dari website yang lain. PR mulai dari 1-10.
  • Dalam website terdapat informasi/contact person yang bisa hubungi seperti email, nomor HP/Telepon/Fax ataupun Pin BB
  • Hubungi langsung Pihak penjual dengan mengirim email/sms atau jika ingin lebih cepat telpon saja. Tanyakan detail seputar produk yang dijual, alamat lengkap, cara pengiriman barang dan cara pembayaran. Pebisnis online yang sudah profesional dan handal pastinya dengan mudah dapat menjawab semua itu.
  • COD (Cash On Delivery)  Transaksi online tidak melulu harus berkomunikasi via sms/email atau telepon. Jika memungkinkan bagi anda untuk datang langsung (COD) ke tempat untuk membeli barang sangat disarankan. Transaksi aman andapun puas karena bisa melihat produk secara langsung dan melakukan negoisasi. Namun jika itu sangat tidak memungkinkan karena faktor kesibukan atau letak posisi pihak penjual terlalu jauh jaraknya (luar kota) maka anda bisa mencoba melakukan transaksi online dengan mempraktekan langsung point-point diatas.
Tips Belanja Online, info bisnis, bisnis bandung, promosi produk
COD

Ok bagaimana sekarang apakah anda sudah memahami Tips Belanja Online dan ingin mencobanya atau ingin COD?

Note : Disarankan Jika akan melakukan transaksi online (pembeli) maka berpura-puralah bahwa anda akan datang langsung tempat pihak penjual untuk melihat barang. Penjual yang serius akan merasa senang jika didatangi dan akan memberikan petunjuak jalan (biasanya akan dipandu jika tempat agak sulit dijangkau)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Belanja Online

0 comments:

Post a Comment