Desa Salagedang; Sejarah & Aset Bisnis

Apa Kabar Urang Majalengka

Desa Salagedang; Sejarah & Aset Bisnis

Desa Salagedang

Desa Salagedang terletak di kecamatan sukahaji kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat Indonesia, dengan kode wilayah kelurahan/desa 32.10.08.2010. Desa ini diapit oleh desa tanjungsari (timur) dan desa Cikesik (barat). Desa ini mempunyai jalur transportasi utama yang menghubungkan Rajagaluh-Majalengka.Hamparan sawah lega pada bagian barat begitu indah dan hijau menunjukan bahwa jumlah penduduk desa Salagedang masih belum begitu padat.


Peta desa salagedang, sejarah desa salagedang, info majalengka
Peta diambil dari google map


Sejarah Singkat Desa Salagedang

Sedikit sekali informasi dan referensi tentang sejarah singkat desa salagedang ini karena para sesepuh (orang tua) mempunyai versi yang berbeda dalam menceritakan asal muasal desa ini. SALAGEDANG terdiri dari kalimat gabungan SALE dan GEDANG. Sale berasal dari nama kue pisang yaitu kue kering yang berasal dari pisang yang sudah dipotong (diiris) kemudian dijemur (sudah dicampur gula) Versi lain mengatakan bahwa kalimat SALE berarti sela (bahasa sunda) karena pada zaman dulu terdapat banyak pohon pisang diantara bebatuan, dalam bahasa sunda dikatakan 'sesela'. Berbeda dengan GEDANG justru kalimat ini merujuk pada bahasa jawa yang berarti pisang, padahal gedang itu sendiri adalah bahasa sunda yang berarti pepaya. Sejarah memang selalu berbeda meskipun sumbernya berasal dari orang-orang terdahulu (kolot). Mungkin pada zaman dahulu kala terdapat banyak kue sale di desa ini yang berasal dari pisang sehingga disebut SALAGEDANG, Versi yang lebih kuat merujuk pada gedang (bahasa jawa) karena pada saat itu terdapat pendatang dari daerah jawa (kota cirebon) tentunya hal tidak lepas kaitannya dengan sejarah kota majalengka yang melibatkan beberapa tokoh dari cirebon. Dalam pencarian google sedikit sekali informasi tentang desa salagedang. Namun sudah terindeks pada situs wikipedia meski informasi yang ditampilkan hanya beberapa kalimat saja.

kostum badut | UQI | Ummul Quro Al Islami

salagedang, info majalengka, desa salagedang, sejarah desa salagedang, info salagedang
Hanya beberapa kalimat saja salagedang dimuat dalam wikipedia



Aset Bisnis Desa Salagedang

1. Batu Alam

Desa Tanjung Sari merupakan daerah pemekaran dari Desa Salagedang, sehingga wajar sekali jika mencari informasi tentang batu alam di google akan memunculkan nama desa salagedang. Mayoritas mata pencaharian desa salagedang adalah bertani namun desa ini juga memiliki aset alam yang sangat melimpah terutama dalam bisnis batu alam desa ini sudah sangat populer. Menurut riwayatnya pertamakali batu alam yang paling terkenal dari desa ini adalah BATU TEMPLEK yang berasal dari kawasan gunung kuning (sekarang sudah menjadi sebuah desa). Pada umumnya para pengusaha batu menyajikan beberapa batu yang berasal dari alam sebagai berikut :
  • Batu Templek
  • Batu Andesit
  • Batu Koral (Split)

2. Bibit Hortikultura
Usaha dalam menjual bibit tanaman (hortikultura) di desa ini memang sudah sangat lama sekali bahkan kian berkembang sampai saat ini, jika anda melintasi bagian barat desa ini akan terlihat bentangan sawah hijau yang sudah dijadikan lahan pusat penanaman bibit pohon (hortikultura) tepatnya di sawah lega. Bisnis Bibit ini sangat potensial dan ramah lingkungan terutama dalam menghijaukan alam semesta. Pada Intinya bisnis bibit pohon ini menyajikan aneka bibit tanaman dengan klasifikasi berikut :
  • Bibit Pohon Buah
  • Bibit Pohon Kayu
  • Bibit Tanaman Kota

3. Anyaman Bambu

Bisnis anyaman bambu merupakan kerjinan tangan yang sudah turun temurun. Bisnis ini kebanyakan dilakukan di rumah-rumah penduduk (perorangan) berbeda dengan bisnis batu alam dan bisnis hortikultura yang sudah berbentuk perusahaan dan melibatkan banyak pekerja. Penduduk desa salagedang sudah lama menggeluti usaha ini karena tidak memerlukan modal yang begitu besar dan dapat dikerjakan dengan santai. Dukuh Gota, Dukuh Anyar dan Cibalak masih termasuk wilayah desa salagedang yang banyak menggeluti usaha ini. Adapun produk yang dihasilkan dari anyaman bambu ini antara lain :
  • Boboko/Bakul/said
  • Besek
  • Bilik (dinding)
  • Kipas/hihid/gegeber
  • Nyiru
  • Asepan

Dan masih banyak lagi


Demikian sekilas tentang sejarah singkat desa salagedang dan aset binsis desa salagedang, jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan artikel ini mohon maaf. Kami menerima saran dan kritikan yang membangun dari pembaca tercinta BLOG MAJALENGKA.


Regards,

majalengkapresss.blogspot.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Desa Salagedang; Sejarah & Aset Bisnis