Review Kota Majalengka

Apa Kabar Urang Majalengka

Review Kota Majalengka

REVIEW KOTA MAJALENGKA daerah ini terkenal dengan sebutan kota angin, tanya kenapa? ga usah kelamaan mikir ini sangat simple banget disebut kota angin karena terkenal dengan anginnya yang kencang khususnya di wilayah kabupaten.. Majalengka adalah nama salah satu kabupaten di jawa barat yang juga merupakan  nama kecamatan. Penghasilan alam kota majalengka berupa jeruk, cengkeh, buah mangga dan gula merah. Mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah bertani. Majalengka merupakan jalur transportasi provinsi yang menghubungkan jalur Cirebon-Sumedang -Bandung.
Peta Majalengka, review kota majalengka, majalengka blog, informasi kota majalengka

Sejarah Singkat Kota Majalengka

Sejarah merupakan perjalanan hidup yang akan dikenang manusia setelah kita, penuturan sejarah selalu memiliki  referensi yang berbeda begitu pula dengan Sejarah Kota Majalengka. Menurut Ceritera ataupun dongeng dari beberapa tokoh yang sudah sepuh, nama Majalengka  berasal dari 2 kalimat gabungan yaitu kalimat pertama adalah MAJA yang merupakan salah satu nama pohon yang terkenal saat itu dan paling banyak jumlahnya. Kalimat kedua adalah LANGKA yang berarti tidak ada atau nihil (kosong) entah bagaimana ceritanya setelah 2 kalimat ini digabungkan menjadi MAJALENGKA bukan MAJALANGKA.

Pada zaman dahulu diceritakan ada seorang tokoh yang sangat terkenal bernama Nyi Rambut Kasih seorang ratu yang bijak memimpin suatu tempat bernama SINDANGKASIH sebagai nama wilayah pertamakali muncul sebelum majalengka, sekarang sindangkasih menjadi nama desa di kota majalengka. Di tempat inilah banyak ditemukan pohon maja yang dipercaya berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit demam. Suatu ketika Sunan Gunung Jati sebagai pemimpin Cirebon memerintahkan putranya pangeran Muhamad untuk mencari pohon maja karena banyak sekali rakyatnya yang terserang penyakit demam. Singkat cerita Sang pangeran pun berangkat bersama istrinya bernama Nyi Siti Armilah menuju sindangkasih untuk mendapatkan pohon maja disamping mengemban amanat untuk penyebaran agama islam, di kerajaan hindu tersebut yang dipimpin oleh seorang ratu yang fanatik.

Sang ratu Nyi Rambut Kasih yang sakti mandra guna telah mengetahui perihal kedatangan pangeran muhamad maka ia pun segera merubah rupa hutan yang banyak ditumbuhi pohon maja menjadi pohon jati. Tatkala Pangeran Muahamad tiba ditempat tujuannya ia benar-benar tercengang karena tidak mendapatkan 1 pun pohon maja, yang dilihatnya hanya sekumpulan pohon jati. Lantas ia berucap "MAJA LANGKA" yang berarti pohon maja tidak ada. Nah dari sinilah riwayat penamaan kota Majalengka bermula, mungkin karena yang berucap adalah seorang pangeran (anak raja) sehingga banyak didengar oleh rakyat banyak.

review kota majalengka, lambang kota majalengka, majalengka blog, info majalengka
Lambang Kota Majalengka



Bandara International Kertajati

Kota Majalengka mungkin saat ini masih terbilang kota kecil karena minimnya fasilitas tapi dalam waktu dekat ini insyaallah akan menjadi kota besar seperti kota bandung dengan berbagai fasilitas mewahnya. Proyeksi pembangunan bandara international Majalengka tidak lama lagi akan segera digarap dan diaplikasikan tinggal menunggu waktu saja. Kertajati sebagai lokasi bandara majalengka ini akan disulap menjadi tempat yang paling populer di kota majalengka. Rencananya pemerintah akan mengucurkan dana sebesar 100 M untuk biaya pembangunan Bandara Majalengka

bandara kerta jati, bandaara majalengka, bandara international
Tempat Penginapan di kota Majalengka

Kota Majalengka menyediakan beberapa Hotel sederhana atau lebih layak disebut dengan tempat penginapan. Mungkin saat ini Kota Majalengka belum mempunyai fasilitas hotel berbintang tapi rencana ke depan jika bandar kertajati sudah rampung dikerjakan  pasti akan muncul hotel-hotel mewah berbintang. Berikut adalah informasi tempat penginapan di kota Majalengka

Putera Jaya
Alamat: JL.K.H. Abdul HalimNo. 94 Majalengka.
Telepon: 0233-281653.
Klasifikasi Hotel: Melati.
Kapasitas Kamar: 33 kamar.

Sederhana Bar
Alamat: JL.K.H. Abdul Halim No. 261 Majalengka.
Telepon: 0233-281029.
Klasifikasi Hotel: Melati.
Kapasitas kamar: 12 kamar.

Tidar Jaya
Alamat: JL.Kartini No.21 Majalengka.
Telepon: 0233-281143.
Klasifikasi Hotel: Melati.
Kapasitas Kamar: 40 kamar.

Nusa Indah
Alamat: JL.Raya Barat No.24 Kadipaten-Majalengka.
Telepon: 0233-661187.
Klasifikasi Hotel: Melati.
Kapasitas Kamar: 30 kamar.

Family
Alamat: JL.Raya Barat No.24 Kadipaten-Majalengka.
Telepon: 0233-661266.
Klasifikasi Hotel: Melati.
Kapasitas Kamar: 30 kamar.

Libra.
Alamat: JL.Brawijaya No.40 Dawuan-Kadipaten Majalengka.
Telepon: 0233-662093.
Klasifikasi Hotel: Melati.
Kapasitas Kamar: 17 kamar.

Saputra Alamat: JL.Raya Pasar Balong No.741 Kadipaten Majalengka.
Telepon: 0233-661210.
Klasifikasi Hotel: Melati.
Kapasitas Hotel: 17 kamar.

Penginapan Enggal
Alamat: JL.Raya Barat No.155 Kadipaten Majalengka.
Telepon: 0233-661228.
Klasifikasi Hotel: Melati.
Kapasitas Hotel: 15 kamar.

Tempat Wisata di kota Majalengka

Setiap Kota selalu memiliki tempat menyenangkan untuk rekreasi dan hiburan demikian juga Kota Majalengka mempunyai beberapa tempat wisata yang indah. Bagi anda yang membutuhkan tempat dengan keindahan alam yang mempesona silahkan kunjungi tempat wisata di kota majalengka sebagia berikut :

1. Curug Apuy | Curug Muara Jaya

Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota majalengka, tepatnya di desa Argamukti Kecamatan Argapura. Objek wisata ini menawarkan keindahan air terjun dengan hamparan perkebunan sayur yang sejuk dan dingin.

2. Curug Sawer

Beralamat di desa Argalingga Kecamatan Argapura, masih satu kecamatan dengan curug apuy. Objek wisata yang satu ini tidak kalah menarik tapi sayang masih belum mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat sehingga belum dikelola dengan baik.

3. Situ Sangiang

Sebuah danau yang terletak di Taman Nasional Gunung Ciremai tepatnya di Kecamatan Talaga Majalengka, di tempat ini terdapat makam salah satu tokoh yang dikeramatkan bernama sunan Parung penyebar agama islam kota Majalengka

Demikian REVIEW KOTA MAJALENGKA ala majalengkapress.blogspot.com mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Review Kota Majalengka

0 comments:

Post a Comment